Wednesday, February 14, 2007

MAKA, KUATKANLAH KEYAKINANMU

Alkisah Luqman al-Hakim mengajak anaknya ke pasar dengan menunggang keledai. Mulanya Luqman yang naik keledai itu. Lewatlah mereka di suatu desa. Orang-orang disitu berteriak mencemooh. "Lihatlah itu, seorang Bapak yang tega pada anaknya. Udara panas begini, anaknya disuruh jalan kaki sedang Bapaknya enak-enak di atas keledai." "Catat itu anakku," kata Luqman, kemudian ganti dia yang berjalan sedang anaknya dinaikkan keledai.

Lewatlah mereka di satu desa lagi. Orang-orang di desa itu melihat mereka dengan mencemooh, "Lihat itu, jaman sudah edan, itulah contoh anak durhaka pada orang tua, anaknya enak-enak naik keledai, sedang Bapaknya yang sudah tua disuruh jalan kaki diudara panas seperti ini." "Catat itu anakku," kata Luqman lagi.

Kini, dua-duanya berjalan kaki. Jadi iring-iringan bertiga dengan keledainya berjalan kaki. Lewatlah mereka di satu desa. Orang-orang di desa itu kembali mencemooh, "Lihat itu, orang-orang bodoh, mereka bercapek-capek jalan kaki sementara ada tunggangan keledai dibiarkan saja." "Catat itu anakku," kata Luqman.

Mereka mencari bambu panjang, dan sekarang keledainya mereka panggul berdua. Lewatlah mereka disatu desa lain. Orang-orang di situ melihat mereka dan mencemooh, "Lihat itu Bapak dan anak sama-sama gila, Keledai tidak apa-apa dipanggul. Enaklah jadi keledainya.

"Lukman berkata pada anaknya, "Catat itu wahai anakku. Kalau engkau selalu menuruti omongan orang-orang, maka tidak akan pernah benar. Maka, kuatkanlah keyakinanmu."

No comments: