Wednesday, February 14, 2007

KETIDAKPASTIAN SELALU ADA

Ketidakpastian selalu menyertai apa yang kita lakukan.

Kita tidak tahu rencana Allah.

Itulah yang sering menjadi sumber ketakutan seseorang saat akan mengejar mimpinya. Hal ini juga yang menyebabkan orang takut untuk mengadakan perubahan pada dirinya, karena apa yang akan terjadi setelah perubahan tidak bisa dipastikan. Terutama ketakutan ini sering muncul saat kita akan meninggalkan zona nyaman kita.

Padahal ketidakpastian tidak selalu karena kita bertindak atau melakukan sesuatu perubahan. Kita diam pun, kita tidak bertindak pun ketidakpastian selalu membayangi kita. Misalnya, ada seseorang yang ingin sekali berbisnis, sementara dia saat ini sebagai seorang karyawan. Dia mengurungkan niatnya karena jika dia berwiraswasta tidak pasti akan berhasil. Jika pasti berhasil dia tentu saja akan melakukannya.

Namun seandainya dia tetap menjadi karyawan apakah kepastian menyertainya…?, Tidak, dia mungkin saja dipecat, mungkin saja perusahaannya bangkrut. Jadi apapun pilihan Anda, ketidak- pastian selalu menyertai Anda.

Itulah kehendak Allah, menjadikan sesuatu dengan dua cara, yaitu dengan sebab akibat dan yang kedua ialah menjadikan sesuatu tanpa sebab akibat. Ini juga selaras dengan perintah Allah untuk tetap berikhtiar dan juga dibarengi dengan tawakal.

Oleh karena itu janganlah kita menjadikan alasan ketidak pastian sebagai alasan kita untuk tidak bertindak, karena bagaimanapun Anda dan apapun yang Anda lakukan ketidakpastian selalu saja ada.

Diam tidak pasti, bertindak tidak pasti....

kalau begitu mendingan kita bertindak.

Oleh Rahmat

No comments: