Wednesday, February 14, 2007

CINTAI DAN JAGA SELAGI ADA

Dalam kehidupan ini, kita sering mengejar segala sesuatu yang ingin kita dapatkan. Namun, terkadang kita jadi lupa atau melalaikan hal-hal yang penting dan sehari-hari berada di sekitar kita. Kita menganggap hal itu adalah hal biasa dan lumrah adanya, namun sebenarnya besar sekali maknanya bagi kita.

Misalnya, kita sering melupakan teman akrab kita selagi kita sedang "berburu" calon pacar. Padahal, sang calon itu belum tentu akan seakrab teman kita itu. Ternyata, menambah satu teman akrab lebih sulit daripada menambah satu musuh dalam kehidupan kita.

Kita sering menomorduakan orangtua selagi kita asyik mengejar karir atau kesenangan, ingatlah mereka adalah orangtua kita, waktu kecil kita diasuh, disayang, bahkan dijaga siang dan malam, dan mereka tidak meminta imbalan selain bakti dan kasih kita kepada mereka. Kita sering menjadi orang lain ketika kita sudah mulai bisa mendapatkan penghasilan sendiri, seakan-akan jasa dan kasih orangtua menjadi hutang yang harus dibayar oleh kita. Bila kita berpikir demikian, celakalah kita! Itu tanda kita telah dibutakan oleh uang/kekayaan kita. Kita telah menjadi takabur...

Hidup ini sebenarnya mencari kebahagiaan, bukan kesenangan. Ukurannya pun lain lain tiap orang. Namun, apabila kita meletakkan kebahagiaan berdasarkan ukuran kekayaan materi, maka dijamin tidak pernah akan bahagia! Kebahagiaan sejati apabila terjadi keharmonisan dan kenyamanan kita terhadap dunia sekitar kita. Rukun dengan teman, keluarga, orangtua, anak, dan lain sebagainya.

Ingatlah, kita bisa merasa nyaman dan bisa semau gue, karena teman, orang tua, anak, dan sebagainya masih ada, dan tanpa disadari sebenarnya kita sangat membutuhkan mereka. Kemana kita apabila ditimpa bencana atau masalah, ke mereka juga khan? Akuilah hal itu.

Maka dari itu, cintai dan jagalah semua "sahabat" kita, yang kita miliki dan rasakan. Mereka adalah pengayom kita, dimana kita tidak perlu malu untuk mengungkapkan perasaan, tidak mengeluarkan uang untuk mendapatkan kasih mereka. Mereka adalah yang sejati.

Luangkan banyak waktu dan kesempatan untuk bersama-sama mereka, dan lakukan kegiatan yang akan mempererat hubungan diantara kita dan mereka. Hal ini tidak akan bisa kita dapatkan di lingkungan di luar mereka, karena semua itu adalah semu (pseudo) dan banyak hal sesatnya.

Cintailah dan Jagalah selagi masih Ada....Kehilangan akan lebih berat dari Mendapatkan..

1 comment:

Anonymous said...

apa yang saya cari, terima kasih